335 Tim Peserta Kompetisi Robotik Madrasah Diseleksi, Hasilnya Diumumkan Besok

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pendaftaran Kompetisi Robotik Madrasah ditutup Senin, 21 Oktober 2019. Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, selaku penyelenggara, mencatat ada 335 tim yang telah mendaftar secara online pada website pendaftaran.  

Jumlah ini terdiri atas Kategori Rancang Bangun tingkat MI (39 tim), MTs (58 tim), dan MA (94 tim). Selain itu, ada juga Kategori Robot Pemilah Sampah untuk tingkat MTs (51 tim), dan Kategori Mobil Robot IoT tingkat MA (84 tim). 

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengaku ada peningkatan signifikan jumlah pendaftar kompetisi ini. 

“Animo peserta dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tidak hanya itu, meskipun Jawa Timur, sebagai tuan rumah kompetisi adalah provinsi yang paling banyak mendaftarkan siswa-siswi madrasahnya, namun peserta kompetisi di tahun ini hampir merata berasal dari seluruh provinsi di Indonesia,” ungkap Ahmad Umar saat ditemui di kantornya, Rabu (23/10). 

Selain dari Jawa, pendaftar ada yang berasal dari Aceh, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Riau, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sumatera Barat, Papua Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta. 

Ahmad Umar menyatakan bahwa dua hari ke depan, panitia dibantu dengan para ahli akan menyeleksi persyaratan administrasi dan juga video robot yang akan ditampilkan. 

“Kami libatkan sejumlah ahli dan praktisi robotik di Jakarta. Hari ini dan besok, mereka akan menyeleksi para pendaftar di kompetisi ini. Mudah-mudahan hasilnya sudah bisa diumumkan hari Jumat, 25 Oktober 2019 mendatang,” ujar Ahmad Umar. 

Peserta terpilih akan ikut babak grand final di Surabaya pertengahan November 2019. (p/ab)